Cara Agar Tidur Nyenyak | Tips & Trik Terbaru

Cara Agar Tidur Nyenyak – Tidur adalah kondisi dimana dimana tubuh berkesempatan untuk memperbaiki jaringan dan sel-sel yang rusak serta membangun kembali yang baru. Karena itu, tidur merupakan kebutuhan mendasar manusia laiknya makan dan minum.

Berbagai penelitian pun senantiasa dilakukan oleh para ahli yang pada intinya mengatakan bahwa tidur yang nyenyak lebih aman –

Dari berbagai potensi terserang penyakit krosnis atau terserang masalah pada fungsi otak yang merupakan organ vital manusia.

Perhatikan saja orang-orang yang memiliki kebiasaan tidur nyenyak (berkualitas), biasanya mereka relative sehat sebab pembaharuan sel-sel serta jaringan berjalan dengan baik.

Sayangnya, tidur nyenyak ini tidak bisa dirasakan oleh sebagian orang. Jangankan nyenyak, bahkan ada di antara mereka yang tidak bisa tidur sama sekali.

Karena itu bagaimana tips dan trik agar tidur di waktu malam menjadi nyenyak? Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda lakukan. Dijamin ampuh! Di antaranya adalah sebagai berikut:

Cara Agar Tidur Nyenyak

1. Berjemur dan Berolah Raga Setiap Hari

Berjemur dan berolah raga sangat penting untuk kesehatan tubuh anda. Termasuk agar tidur anda berkualitas. Sinar matahari bisa membuat anda segar alias melek karena cahayanya mentransfer sinyal ke otak agar menyetop produksi hormone ngantuk melatonin, lalu mengganti hormone tersebut dengan hormone adrenalin.

Cara ini tidak terlalu sulit, sobalah anda lakukan lari-lari kecil sambil berjemur di pagi hari. Ya kira-kira 30 menita sampe satu jam lah.

BACA   Makanan sehat untuk Ibu Hamil yang Wajib Diketahui

Orang-orang yang biasa melakukan hal ini relative lebih berkualitas tidurnya sehingga mereka merasa fresh ketika bangun di pagi hari.

2. Upayakan Bangun di Waktu yang Sama Setiap Hari

Tubuh bisa menyesuaikan dengan kebiasaan yang kita lakukan. Dan lama kelamaan, kebiasaan itu akan berjalan secara otomatis dan upaya yang besar.

Makanya, jika anda berupaya untuk bangun di jam yang sama setiap hari, nanti tubuh dapat mengatur jam biologis sehingga anda relative lebih berenergi.

Untuk mewujudkan cara ini, mula-mula anda bisa melakukannya dengan memasang alarm di jam yang sama. Lakukan setiap hari hingga anda dapat bangun tanpa bantuan alrm.

Banyak para ahli yang melakukan dan menyarankan saran seperti ini. perlu diingat, anda tak perlu menggunakan alarm berkali-kali. Justru hal itu akan memanjakan anda untuk tidur lagi.

Oya, hindari juga terlalu banyak tidur. Alih-alih membuat fresh malah sebaliknya, anda akan semakin lelah dan kurang benergi. Jangan dikira tidur tidak cape, jika berlebihan, hal itu tidak jauh berbeda dengan kondisi kerja anda. Menguras energy.

3. Hindari Konsumsi Kafein

Kafein banyak terdapat di minuman kopi atau teh. Ketika anda hendak tidur, sebaiknya hindari minuman ini. atau minimal anda berhenti konsumsi minuman berkafein 8 jam sebelum tidur di waktu malam.

Alasannya, jika jeda kopi ke tidur terlalu dekat, dimungkinkan tubuh mengalami kesulitan untuk memproses secara cepat kafein tersebut. Akibatnya, anda susah ngantuk.

4. Hindari Langsung Tidur Setelah Makan

Untuk memperoleh hasil terbaik dalam kenyenyakan tidur, sebaiknya anda juga menghindari makan malam yang langsung disambung dengan tidur.

Upayakan ada jeda yang cukup lama agar tubuh melakukan proses pencernaan terlebih dahulu. Apalagi jika anda makan langsung tidur, jelas ini sangat tidak baik bagi anda.

BACA   Khasiat Buah Markisa Kuning yang Ajaib dan Misterius

Di samping itu, efek negative langsung tidur setelah makan dapat menyebabkan asam lambung naik dan juga bisa menimbulkan penyakit maag.

Korelasinya dengan kenyeyakan tidur yaitu jika asam lambung naik, anda akan mudah terbangun karena ulu hati terasa sakit, tenggorokan panas dan perut terasa mulas. Singkatnya, tidur jadi tidak nyenyak.

5. Tidur Sebentar di Waktu Siang

Tidur siang juga dapat membantu mereda rasa lelah dalam aktifitas. Karena itu beban rasa lelah itu tidak akan terbawa di waktu malam jika anda tebus di siang hari.

Hanya saja tidur di waktu siang tidak boleh terlalu lama. Cukup 15 menit atau setengah jam. Jika terlalu lama, malah membuat tubuh anda tak baik dan energy akan terkuras. Lelah yang ada.

Itulah sederat tips dan trik cara nyenyak tidur menurut para ahli. Silahkan konsultasikan dengan dokter apabila anda mengalami keanehan dengan kualitas tidur anda. Semoga bermanfaat!

Baca Artikel Pilihan :

Mengatasi Susah Tidur di Bulan Puasa

No Responses

Leave a Reply