Cara Mengatasi Rambut Ketombe Akibat Kulit Kepala Berminyak

Saat ini ada banyak cara mengatasi rambut ketombe yang bisa kita lakukan. Cara-cara itu sangat bervariasi sehingga kita bisa memilih mana yang sesuai dengan kulit kita.

Sebagaimana kita sadari, Ketombe adalah pengganggu yang membuat anda tidak percaya diri. Oleh sebab itu perlu ada langkah-langkah terstruktur dan masif untuk membasminya.

Saat ini ada sangat banyak obat yang ditawarkan, mulai dari cara alami hingga sampo antiketombe. Kadang kita bertanya, sebetulnya apa sih penyebab timbulnya ketombe? bagaimana cari mengatasinya. hmmm

Perlu disadari, memang ketombe tidak dapat menular, artinya bukan hal serius, namun saya pribadi sangat risih jika kepala berketombe.

Kadang bikin gatal dan membuat pikiran kurang fresh. Jangan khawatir, ketombe tetap bisa dikendalikan bahkan dibasmi hingga ke akar-akarnya. Jika shampoo biasa tidak cukup ampuh, anda bisa gunakan shampo anti ketombe.

Penyebab Timbulnya Ketombe

Kepala kita memiliki minyak yang berfungsi sebagai pelindung rambut dari ketombe. Namun jika minyak itu terlalu banyak, malah dapat menimbulkan ketombe.

Sebab minyak yang terlalu banyak akan berdampak pada matinya sel-sel di kepala, lalu menumpuk. Penumpukan sel dan minyak inilah yang belakangan menjadi pemicu munculnya ketombe di kepala.

Selain itu, berkeramas secara tidak teratur juga dapat menimbulkan ketombe. Juga penyebab lain seperti kulit kepala kering dan meradang, jamur malasezia, atau kulit terlalu sensitive terhadap produk perawatan, semua itu dapat menjadi penyebab munculnya ketombe di kepala.

Ciri-ciri ketombe

Ciri-ciri ketombe adalah adanya serpihan yang berwarna putih kekuning-kuningan. Serpihan ini berbentuk besar atau kecil dan membuat kulit terasa gatal. Biasanya, seripihan ini dapat dijumpai di sekitar kulit kepala, telinga, garis rambut, bahu dan punggun. Jika anda mengalami stres, ketombe akan lebih buruk lagi. Apalagi kalau cuaca kering dan dingin. Lengkap sudah.

BACA   Tips Menjaga Kesehatan Wanita yang Wajib Diketahui

Mengatasi Rambut Ketombe 

Untuk mengatasi rambut ketombe, hal yang pertama kali bisa anda lakukan adalah berkeramas dengan shampoo antiketombe.

Perhatikan ketika beberapa kali berkeramas, apakah shampoo tersebut cocok dengan anda atau tidak. Jika tidak, biasanya akan semakin memperparah kepala anda, ketombe malah semakin menjadi-jadi.

Kenapa harus shampo khusus ketombe? Sebab shampoo ini mengandung piroctone olamine yang mampu mengurangi dan menghilangkan ketombe di kepala anda.

Selain itu, zat ini juga bisa membuat rambut menjadi sehat. Bahkan shampoo yang mengandung piroctone olamine juga lebih efektif menghambat pertumbuhan jamur Malassezia di kulit kepala.

Pertama-tama anda bisa berkeramas dengan shampoo antiketombe setiap hari, lalu menjadi dua hari sekali, bahkan tiga kali dalam seminggu.

Jika suatu saat shampoo yang biasa anda gunakan sudah tidak efektif, anda bisa ganti dengan shampoo anti ketombe yang lain. Perhatikan selalu petunjuk penggunaannya, biasanya tertera di wadah shampoo tersebut.

Perlu diperhatikan, selama anda berhadapan dengan ketombe dan dalam proses melenyapkannya, anda harus ekstra bersabar. Apalagi kalau menemukan shampoo yang ternyata tidak efektif alias tidak cocok dengan kepala. Anda jangan putus asa, teruslah berusaha.

Selain sampo antiketombe yang mengandung piroctone olamine, Anda juga bisa menggunakan sampo yang mengandung zinc pyrithione, selenium sulfide, asam salisilat, ketoconazole dan tar. Kandungan-kandungan itu dipercaya dapat menghilangkan ketombe. Tetapi sekali lagi, tergantung kecocokan dengan kepala anda.

Jika segala upaya sudah dilakukan tetapi ketombe tak kunjung hilang, apalagi ketika berkeramas malah menimbulkan gatal dan perih, kulit kemerahan, sebaiknya anda hentikan pemakaian dan bersegeralah konsultasi dengan dokter.

Dengarkan pendapat mereka bagaimana cara paling tepat membasmi ketombe yang sesuai dengan tipe kulit kepala anda. Demikian!

BACA : Cara Menghilangkan Keriput Wajah

 

Leave a Reply