Cara Mengatasi Susah Tidur Ketika Puasa [Ampuh]

Mengatasi Susah Tidur – Apakah anda termasuk orang yang gampang tidur atau susah tidur? Terutama pada saat puasa biasanya ngantuk di siang hari atau di malam hari?

Menurut min biasanya orang yang sedang puasa itu ngantuknya di siang hari.Sementara ketika malam hari, mereka justru mengalami kesulitan tidur.

Masih mendingan jika dimanfaatkan untuk tilawah al-quran atau ibadah lainnya. Yang disayangkan itu, mereka melalui malam tanpa melakukan apa pun.

Lebih tersiksanya lagi justri karena tidak bisa tidur.

Sekarang tak perlu khawatir, min akan sharing tips mengatasi susah tidur terutama saat bulan puasa.

Tips dan Trik Mengatasi Susah Tidur

Siapa pun bisa terserang gejala ini. Baik lelaki atau wanita, keduanya memiliki potensi yang sama. Jika sudah menimpa, wah tersiksa banget tuh hidup. Sekarang ayo ikuti min untuk mengatasinya.

1. Tidurlah Lebih Awal

Bagi yang tidak terbiasa bangun di malam hari, memang masa puasa seolah mengacak-ngacak jadwal aktifitas. Bayangkan, jadwal makannya berubah, jadwal tidurnya berubah, jadwal aktifitas lainnya berubah, akhirnya semuanya serba berubah.

Karena itu, jika tidak ditata dengan kerja keras, pola hidup anda akan berantakan. Waktu aktifitas jadi tidur dan waktu tidur jadi aktifitas.

Karena pada bulan Ramadhan anda harus bangun lebih awal untuk tahajud dan sahur, sebaiknya anda paksakan untuk tidur lebih awal. Kalau pun susah, paksakan.

Matikan lampu dan perbanyak dzikir kepada Allah. Baca surat alfatihah, ayat kursi, al ikhlas, alfalak da annas. Cepat atau lambat mata anda akan terpejam.

BACA   Manfaat Jamur Kuping untuk Kesehatan, WOW!

2. Tidak Mengubah Jam Tidur

Jika pada hari-hari biasa anda tidur dengan normal di jam-jam tertentu, sebaiknya di bulan Ramadhan pun anda tidak mengubah jadwal itu.

Yang mungkin terjadi adalah waktu tidur anda berkurang. Tidak mengapa, ini lebih baik daripada memindahkan jadwal tidur. Kemudian tepati jadwal tidur sehari-hari anda.

Tidur yang teratur akan memengaruhi aktifitas organ tubuh manusia termasuk rasa lapar dan sebagainya.

Makanya ada sebuah penelitian dari Journal of Sleep Research yang menemukan bahwa pola tidur yang tidak teratur dapat mengubah ritme sirkadian dan meningkatkan produksi melatonin, yaitu hormon alami yang akan memberi sinyal ke otak untuk tidur.

Singkatnya, paksakan untuk selalu tidur sesuai jadwal tidur anda.

3. Berolahraga Meskipun Ketika Berpuasa

Menurut penelitian Journal of Physiotherapy, olah raga adalah cara terbaik mengatasi masalah susah tidur. Memang pada masa puasa biasanya aktifitas olah raga menurun, padahal olah raga sangat penting dan sebetulnya puasa tidak perlu dijadikan alasan menunda olah raga.

Kalaupun anda badan anda lemah atau khawatir haus, anda bisa lakukan di waktu sore menjelang magrib.

Perlu diperhatikan juga, sebaiknya olahraga yang dilakukan juga bukan olahraga dengan instensitas tinggi. Mungkin anda cukup marathon saja sekitar pukul 17.00 wib. Dengan begitu, ketika anda haus anda bisa langsung berbuka di saat adzan magrib.

4. Mengatur Asupan Jenis Makanan

Terutama menjelang tidur, sebaiknya anda menghindari konsumsi makanan berat. Hal ini karena dapat mengganggu kualitas tidur anda. Kalaupun anda kelaparan, sebaiknya konsumsi makanan ringan saja yang mudah dicerna semisal biscuit.

Di samping itu, anda juga jangan langsung tidur setelah makan. Berikan jeda sekitar 1 jam agar makanan yang masuk sudah dicerna tubuh.

BACA   Perawatan Wajah Berminyak Paling Penting untuk Wanita

5. Hilangkan Stres

Stress termasuk faktor yang membuat anda susah tidur. Perasaan cemas, khawatir yang berlebihan, merasa bersalah dengan masa lalu dapat membuat hidup anda stress dan berdampak pada masalah susah tidur.

Karena itu jauhi stress, plongkan pikiran, tarik nafas dan perbanyak dzikir. Serahkan semuanya kepada Allah Swt.

6. Nyamankan Suasana Tidur Anda

Perhatikan kamar anda, coba tata dengan rapi, berikan pewangi, gunakan Kasur dan selimut yang bersih. Suasana kamar yang berantakan apalagi bercampur dengan aroma yang tak sedap dapat menjadi faktor penyebab susah tidur.

Di samping itu, pastikan juga tidak ada suara bising atau apa saja yang dapat mengganggu kenyamanan tidur, pun soal lampu, matikan.

7. Jemur Badan dengan Sinar Matahari

Agar kerja otak dan hormone berjalan baik untuk memberi tahu tubuh kapan ia harus tidur, anda juga bisa menopangnya denan sering berjemur dengan sinar matahri. Sebab aktifitas ini bisa memengaruhi ritme sirkadian yang bertubas menjadwal kerja organ tubuh.

Berdasarkan sebuah penelitian, cahaya matahari di siang hari bisa menjaga ritme sirkadian. Karena itu, sebaikhya anda rajin melakukan ini.

Itulah tujuha cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi susah tidur yang anda alami. Pola hidup sehat sangat menentukan kualitas tidur anda. Pun dengan kesehatan pikiran dan iman.

Pada diri seseorang yang memiliki pandangan optimis, yakin dengan segala ketentuan tuhan, tenang dalam menghadapi cobaan, dimungkinkan tidak memiliki masalah serius dalam hal tidur.

One Response

  1. seoktavian 11 June 2019

Leave a Reply