Cara Menghilangkan Bopeng Jerawat Paling Ampuh

Menghilangkan Bopeng Jerawat – Terutama anak muda, jerawat masih menjadi momok menakutkan. Bukan saja kemunculannya, kepergiannya pun dikhawatirkan.

Sebab, bopeng bekas jerawat membuat mereka semakin jengkel. Karena itu, menghilangkan bopeng jerawat merupakan hal yang kudu diketahui.

Apalagi, bekas jerawat tersebut bervariasi, ada yang hitam, merah dsb, pokoknya bikin jengkel.

Penyebab Bopeng Bekas Jerawat

Bopeng jerawat dalam istilah medis dikenal dengan sebutan skar akne atrofi (atrophic acne scar), yaitu kelainan kulit yang diakibatkan luka oleh jerawat.

Hanya saja, ketika itu sel kulit tidak mampu lagi memproduksi kolagen untuk mengisi bagian kulit yang rusak. Karena itu, indentasi alias cekungan kulit pun terbentuk.

Sebaliknya, bisa juga terbentuk karena jerawat terlalu berlebihan memproduksi kolagen sehingga permukaan kulit bekas jerawat akan terisi dan membuat kulit menonjol.

Hal ini sering distilahkan dengan nama skar akne hipertrofik (hypertrophic acne scar). Intinya, kedua hal tersebut menjadi penyebab bopeng kulit.

Jenis-Jenis Skar Akne Atrofik Alias Bopeng

  1. Ice pick, yaitu skar yang berbentuk huruf V dan cekunganya cukup dalam. Karena itu, bpeng model ini terlampau sulit untuk dikembalikan seperti semula..
  2. Boxcar, yaitu skar yang bentuknya lebar seperti hurup U. jenis bopeng ini kadang dangkal dan juga ada yang dalam.
  3. Rolling, yaitu bopeng yang bentuk biasa saja tetapi cekungannya lebar dengan tepi bulat dan tidak teratur.

Cara Menghilangkan Bopeng Jerawat

mengobati bopeng jerawat

Bopeng bekas jerawat agak sukar dihilangkan. Ketika orang-orang menggunakan krim, sebetulnya krim tersebut hanya mengurangi warna gelap, tidak bisa menghilangkan cekungan bekas jerawat.

BACA   Manfaat Minyak Kelapa Agar Rambut Berkilau Seperti Artis

Untuk menyelesaikannya, dibutuhkan perawatan selain krim. Tentu saja harus memilih perawatan tepat.

Untuk menghilangkan bopeng jerawat, kita mesti mengetahui dulu bopeng di wajah kita termasuk jenis yang mana. Dengan begitu kita akan tahu cara mengobatinya.

Ingat, tidak semua jenis bopeng dapat diselesaikan dengan satu cara. Bahkan biasanya cara efektif mengatasinya harus dengan melakukan kombinasi beberapa cara pengobatan seperti:

1. Pengobatan dengan Krim

Terutama krim yang mengandung asam laktat, AHA dan retinoid. Tetapi lagi-lagi, krim ini bukan mengembalikan bopeng menjadi rata kembali, hanya saja krim bisa memperbaiki warna bopeng yang gelap menjadi cerah. Tentu saja ini juga sangat penting. Sebab, biasanya bekas bopeng, kulit menjadi gelap.

2. Pengobatan dengan Dermabrasi

Dermabrasi merupakan sebuah teknik pengelupasan kulit dengan alat yang diputar di permukaan kulit. Dengan alat ini, kulit terluar wajah dapat diangkat. Tetapi metode ini hanya cocok dengan bopeng yang cekungannya dangkal saja.

3. Pengobatan dengan Chemical peeling

Chemical peeling merupakan teknik mengangkat sel kulit matidengan krim khusus yang bahannya kimia. Karena itu, cara ini harus dilakukan oleh dokter professional yang sudah memiliki jam terbang. Sebab, Peeling yang digunakan terbuat dari jenis asam yang kuat untuk menembus kulit sampai ke beberapa lapisan ke bawah.

4. Mengobati Bopeng Jerawat dengan Dermal filler

Dermal filler biasanya dipilih untuk bopeng bekas jerawat tipe boxcar dan rolling. Filler dapat menggunakan asam hialuronat, atau lemak dari dalam tubuh sendiri maupun kolagen untuk disuntikkan ke bawah kulit yang mengalami bopeng. Gunanya untuk mengangkat area yang mengalami cekungan.

5. Mengobati Bopeng Jerawat dengan Laser resurfacing

Pengobatan dengan Laser resurfacing adalah pengobatan dengan menggunakan laser CO2 fraksional, Erbium, atau bahan lainnya untuk menyelesaikan sekaligus mengobati struktur kulit yang tidak sempurna, kemudian akan lahir kulit baru yang sehat dan lebih merata.

BACA   Agar Kulit Putih & Glowing : Begini 'Ritualnya'

6. Mengobati Bopeng Jerawat dengan Operasi Minor Kulit

Pengobatan bopeng jerawat model ini dilakukan apabila bopengnya terlalu parah dan tidak bisa diselesaikan dengan cara-cara sebelumnya. Makanya sebagaimana yang kami sampaikan di atas, pengobatan bopeng kulit tidak satu jenis. Tergantung jening bopeng yang anda miliki. Ada bopeng dangkal, sedang dan dalam. Penangannya pun berbeda.

7. Mengobati Bopeng Jerawat dengan Microneedle therapy

Cara ini cukup geli, yaitu dengan cara menusukkan jarum-jarum kecil ke kulit agar merangsang terbentuknya kolagen baru di sekitar bopeng. Bagaimana anda mau mencoba cara ini? saya sendiri belum pernah. Hehe.

Cara Mencegah Bopeng Bekas Jerawat

mengobati bopeng jerawat

Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Begitulah kira-kira kata pepatah. Meski bopeng bukan sesuatu yang membahayakkan, tetapi cukp mengganggu tangka kepercayaan diri anda.

karena itu, seblum terjadi dan anda harus mengobati dengan meneluarkan biaya, sebaiknya anda lakukan langkah-langkah preventif sebelum terjadi bopeng. Caranya sebagai berikut:

1. Jangan memencet jerawat

Nah, kebiasaan orang berjerawat adalah memencetnya. Di samping enggan berjerawat, kadang mereka juga keasyikan dan kenikmatan yang dirasakan dari pencetan tersebut.

Padahal, ini cukup beresiko. Terlebih bila tangannya kotor, nanti justru membuat terkena bakteri dan akhirnya radang, lalu kering dan meninggalkan bekas.

2. Rajin cuci muka

Diyakini aktifitas mencucui muka dapat mencegah timbulnya erawat. Kalau muka sudah tak berjerawat, maka bopeng pun tak akan berani muncul.

Sebaliknya, kalau wajah terbiasa kotor, nanti mudah terkena jerawat. Gunakan sabun wajah yang mengandung benzoil peroksida atau sulfur yang mampu membersihkan bakteri penyebab timbulnya jerawat di wajah.

Demikian sekelumit bopeng bekas jerawat. Jenis-jenisnya, cara mengobati dan mencegahnya. Dari kesemua itu ada satu hal yang penting, yaitu membiasakan diri hidup sehat dan bersih.

Dengan begitu, segala hal yang kita khawatirkan niscaya tidak akan terjadi. Ingat baik-baik, mencegah lebih baik daripada mengobati. Demikian!

Leave a Reply