Cara Menurunkan Gula Darah yang Terlalu Tinggi

Menurunkan Gula Darah- Hiperglikemia adalah kadar gula darah tinggi yang biasa dialami oleh penderita diabetes, atau seseorang yang mengalami gangguan hormone insulin.

Hiperglikemia ini akan membahayakan seseorang jika tidak segera ditangani. Sebab, nantinya bisa merusak organ tubuh, koma dan bahkan kematian.

Sebelum terjadi dan kejadiannya semakin mengerikan, alangkah baiknya kita mengetahui cara-cara dini yang dinilai tepat sebagai langkah preventif.

Sekalipun harus mengobati, setidaknya kita sudah tahu apa saja yang harus kita lakukan. Dengan demikian, tubuh kita akan tetap sehat dan bugar.

Cara Menurunkan Kadar Gula dalam Darah

Untuk menghindari penyakit ini, anda harus memantau kadar gula darah anda. Caranya, periksa ke dokter.

Dengan begitu anda tahu hal-hal yang berkaitan dengannya termasuk gejala-gejala yang mungkin membutuhkan langkah-langkah yang harus anda lakukan.

Berikut ini kami uraikan cara menurunkan kadar gula dalam darah. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Melakukan Cek Kadar Gula Darah

Jika diabetes tipe 2 menimpa anda, sebaiknya anda lakukan cek gula darah dua kali setiap hari. Tes gula darah bisa menggunakan mesin portable kecil atau yang disebut dengan glukosa darah.

Berikut ini adalah kriteria yang ditunjukan oleh tes gula darah sewaktu (GDS),

  • Normal: di bawah 200 mg/dl
  • Kondisi hiperglikemia: di atas 200 mg/dl

Perlu diingat, kadar gula darah sebetulnya dapat berubah sewaktu-waktu. Karena itu, periksa kadar gula darah sangat diperlukan. Perubahan ini bisa setelah makan atau kondisi lainnya. Coba perhatikan kondisi normal kadar gula darah anda,

  • Setelah tidak makan selama 8 jam (puasa): kurang dari 100 mg/dl
  • Sebelum makan: 70-130 mg/dl
  • Setelah makan (1-2 jam): kurang dari 180 mg/dl
  • Sebelum tidur : 100-140 mg/dl
BACA   Jenis Makanan yang Membuat Kulit Cepat Tua, Waspada!

2. Melakukan Suntik Insulin

Jika setelah pemeriksaan ternyata kadar gula darah anda tinggi bahkan setelah minum obat antidiabetes tetap tinggi, sebaiknya anda suntik insulin agar dapat menetralisir kadar gula darah anda.

Hormon insulin bisa disuntikan ke tubuh anda melalui samping atau atas pusar, dengan begitu, insulin akan bekerja lebih cepat. Lain halnya jika disuntik melalui tangan, kinerjanya lambat.

Fungsi Insulin adalah untuk mengontrol glukosa di tubuh anda. Kinerjanya, ia memberi sinyal ke sel otot, lemak, dan hati agar mengambil glukosa dan mengubahnya menjadi gula otot (glikogen) di sel otot dan trigliserida di sel lemak. Setelah menyuntikan insulin, sebaiknya cek lagi untuk memastikan ketepatan dosis insulin.

3. Rajin Berolah Raga

Untuk menurunkan kadar gula darah, anda juga harus rajin berolahraga. Aktifitas ini bisa mengontrol kadar gula darah dengan takaran yang sehat dan baik.

Dengan semakin kencangnya detak jatung akibat olahraga, ia akan memompa darah ke seluruh tubuh. Dengan demikian, kualitas darah pun semakin baik dan kadar gula darah semakin normal.

4. Membatasi Asupan Gula

Asupan gula setiap hari merupakan faktor tingginya kadar gula darah. Karena itu, sebaiknya anda membatasi kandungan gula tersebut.

Anda juga bisa menggunakan pemanis rendah kalori yang memiliki kandungan kromium agar meningkatkan fungsi insulin di tubuh. Terlebih bulan puasa, biasanya orang banyak mengkonsumsi yang manis-manis, anda tahan dulu.

5. Meminum Air Mineral Lebih Banyak

Air putih di dalam tubuh memiliki fungsi menetralisirkan kelebihan kadar gula darah. Lalu kelebihan tersebut akan dibuang melalui urine. Ingat, penderita diabetes harus mengkonsumsi air putih lebih banyak, lebih dari 8 gelas perhari. Sebab jika kekurangan air, ia akan mengalami dehidrasi.

Leave a Reply