Ciri-Ciri Kehamilan

Ciri-Ciri Kehamilan – Hai Dears…Bagi kalian yang baru aja bulan kemarin jadi pengantin, pasti tak sabar menanti kehadiran janin dalam rahim kan? Untuk kehati-hatian, baiknya kalian harus memahami ciri-ciri awal kehamilan, dears.

Tujuannya supaya bisa lebih dini menjaga kesehatan dan kekuatan janin.

Jika deteksi kehamilan sudah dilakukan sejak dini, maka anda pun bisa segera konsultasi ke dokter untuk mendapatkan arahan yang benar dalam menjalani kehamilan.

Ciri-Ciri Kehamilan

Selain itu, dengan mengetahui kehamilan sejak dini, anda dapat melakukan stimulasi yang dibutuhkan janin. Sehingga perkembangan janin dalam kandungan anda bisa dioptimalkan dengan sempurna.

Berikut adalah ciri-ciri bahwa sudah ada janin dalam rahim anda:

1. Mudah Lelah

Ciri-ciri awal kehamilan adalah mudah lelah, meskipun anda hanya beraktivitas ringan, seperti memasak, menyapu atau mengepel saja. Anda menjadi lebih senang untuk berbaring setiap kali selesai mengerjakan satu aktivitas.

Mengapa seperti itu? Karena ketika di awal kehamilah, hormon estrogen dan progesteron sudah mulai mempengaruhi fisik anda.

Hormon estrogen dan progesteron berfungsi untuk mempersiapkan tubuh untuk hamil. Progesteron berperan dalam menjaga otot rahim agar tetap rileks serta menjaga ketebalan dinding rahim selama janin berkembang.

Perubahan kadar hormon progesteron akan berefek pada munculnya pusing, mual, mulas, dan sembelit selama anda hamil.

Jadi, jika anda suatu waktu lebih senang berbaring karena mudah lelah, katakan pada pasangan anda “Jangan marah ya, ini karena bawaan dedek bayi dalam kandungan 🙂

2. Sering Terasa Kram pada Perut

Jika perut anda sering terasa kram, jangan panik. Karena itu salah satu ciri anda sudah mulai hamil. Rasanya seperti ada sesuatu yang tumbuh pada bagian perut anda.

Kram pada perut terjadi karena otot pada rahim mulai meregang. Gunanya untuk mendukung perubahan bentuk pada embrio.

Semakin besar janin, maka kram pada perut akan menjadi lebih sering. Namun, jika kram pada perut anda berlebihan, maka anda bisa datang ke dokter untuk konsultasi lebih lanjut.

Karena dikhawatirkan ada kelainan pada kehamilan anda.

3. Perubahan pada Payudara

Perubahan kadar hormon dalam tubuh di usia kehamilan dua sampai tiga minggu, akan membuat payudara anda menjadi lebih padat, sensitif dan lebih kencang. Puting akan terasa sakit, perih, nyeri, dan semakin sensitif.

BACA   Cara Menurunkan Gula Darah yang Terlalu Tinggi

Penyebabnya adalah siklus dalam tubuh yang telah melalui ovulasi dan sel telur telah bertemu sel sperma. Perubahan pada payudara akan membantu dalam menyiapkan ASI dalam tubuh anda.

4. Tidak menstruasi

Waspadalah jika menstruasi tak kunjung datang, dears. Karena hal tersebut menjadi salah satu ciri anda mulai hamil. Menstruasi biasanya terhitung antara periode 26 sampai 29 hari.

Jika embrio berkembang dalam rahim maka sel telur tidak akan pecah.

inilah yang membuat perempuan hamil tidak akan mengalami menstruasi. Tap bersabar ya, dears. Tunggu sampai beberapa hari dulu setelah jadwal biasanya anda haid, baru melakukan pemeriksaan.

Karena bisa jadi, menstruasi belum kunjung datang karena terlambat saja.

5. Kondisi Tubuh Seperti akan Menstruasi

Kondisi yang akan anda rasakan di awal kehamilan adalah perut yang tidak nyaman, punggung terasa nyeri, lelah, pegal-pegal dan seperti ada tekanan pada perut bagian bawah.

Ini adalah reaksi terhadap tekanan pada rahim. Ciri-ciri ini hampir sama seperti menjelang menstruasi bulanan.

Jika anda merasakan hal seperti ini, tapi menstruasi tak kunjung tiba, itu pertanda bahwa sudah ada janin yang tumbuh dalam rahim anda.

Maka anda bisa segera melakukan pemeriksaan dengan testpack, dan bisa konsultasi ke dokter yang anda percayai.

6. Perut kembung

Perut kembung akan anda rasakan juga di awal kehamilan. Ini menandakan banyak angin tertahan dalam perut anda. Efeknya tulang rusuk anda akan terasa sakit dan akan lebih sering bersendawa.

Namun tetap hati-hati ya. Karena terlalu banyak udara dalam perut bisa membuat anda masuk angin dan membuat awal kehamilan anda menjadi sangat tidak nyaman. Jika hal tersebut terjadi, maka segera periksakan pada dokter.

7. Pendarahan ringan

Jangan panik jika anda mengalami pendarahan ringan ya, dears. Biasanya akan berhenti paling lama dua hari setelah masa keluarnya. Bahkan ada juga yang hanya sehari saja.

Pastinya darah ini berbeda dengan darah haid. Baik dari aspek warna maupun lama keluarnya. Flek darah kehamilah warnanya lebih muda dibandingkan darah haid.

Flek berupa bercak darah di awal kehamilan disebabkan terjadinya implantasi pada bagian rahim. yaitu ketika embrio telah menempel pada rahim dan sudah siap untuk berkembang menjadi janin.

8. Morning sickness

Di awal kehamilan, anda akan mengalami mual dan muntah tidak hanya di pagi hari namun bisa terjadi di sepanjang hari. Dalam kondisi ini, anda akan sangat tidak nyaman dan lelah.

BACA   Perawatan Wajah Berminyak Paling Penting untuk Wanita

Maka saat inilah saat terbaik anda bermanja ria dengan suami anda.

9. Sering buang air kecil

Sering buang air kecil menjadi pertanda anda hamil karena adanya tekanan di bagian kandung kemih disebabkan pertumbuhan janin dalam rahim. Hal ini berlaku juga bagi perempuan hamil bahkan yang tidak banyak minum air.

Dalam kondisi seperti ini, maka anda tidak boleh menahan-nahan keinginan untuk buang air kecil agar tidak meracuni janin juga tidak membuat saluran kencing anda menjadi terganggu atau terinfeksi.

10. Sembelit

Jika hormon progesteron kadarnya semakin meningkat dalam tubuh maka usus menjadi lambat saat bekerja. Hal ini membuat cairan usus dan gerakan usus akan menjadi berkurang.

pada saat itulah, ibu akan terkena sembelit. Jika kondisi ini terjadi, maka anda harus mengkonsumsi makanan berserat secara rutin.

Makanan berserat bisa juga menjadi obat diare yang paling baik untuk ibu hamil. Sumber serat pada makanan pun ternyata mengandung folat untuk mencegah cacat pada janin.

11. Perasaan lebih Sensitif

Meningkatnya kadar hormon estrogen dan progesteron membuat emosi anda akan menjadi lebih sensitif.

Yang dirasakan adalah menjadi mudah bersedih, bahagia berlebihan, suasana hati tidak menentu, lebih cepat marah, dan kondisi perasaan lainnya. Emosi menjadi lebih labil.

Pada saat ini terjadi, anda harus sering-sering berzikir. Agar perubahan emosi anda tidak banyak berpengaruh pada perkembangan janin dalam tubuh anda.

12. Banyaknya Lendir di Vagina

Kehamilan anda akan membuat banyak cairan keluar di vagina, lebih licin dan sulit untuk dihilangkan. Lendir akan menjadi tebal, putih hingga kecoklatan.

Hal ini normal, karena berkaitan dengan meningkatnya kadar hormon progesteron. Namun jika lendir beraroma tidak mengenakkan, maka baiknya segera konsultasikan pada dokter.

13. Sakit punggung

Dears, jika anda hamil maka anda akan mengalami sakit pada punggung bawah yang terasa menyakitkan jika bergerak. Kenapa begitu?

Karena ligamen pada bagian punggung memberikan reaksi yang tidak nyaman pada ibu hamil. Inilah yang membuat anda akan merasa lebih nyeri, tidak bisa bergerak, tidak bisa tidur dan duduk dengan nyaman.

Kondisi seperti ini baiknya tidak dipijat.

Itulah ciri-ciri kehamilan pada tubuh anda, dears. Jika anda merasakan hal-hal tersebut, maka saya ucapkan selamat ya. Semoga janin dalam rahim anda berkembang sempurna.

Selamat bermanja-manja pada suami anda. Jangan lupa, buat relaks tubuh anda agar sang janin merasakan kenyamanan.

Leave a Reply