Jenis Makanan yang Membuat Kulit Cepat Tua, Waspada!

Jenis Makanan yang Membuat Kulit Cepat Tua – Memiliki wajah awet muda merupakan idaman setiap orang. Karena itu, tidak sedikit yang berupaya melakukan perawatan dengan kosmetik tertentu untuk mencegah segala proses penuaan seperti keriput kulit.

Padahal, daripada kosmetik, lebih baik pilih yang lebih murah yaitu dengan melakukan seleksi asupan makanan. Sebab, ada beberapa makanan yang dapat mempercepat penuaan kulit.

Nah, sobat sehat setia yang berbahagia, mengetahui jenis-jenis makanan yang bisa mempercepat tua sangat penting, pun dengan makanan yang memperlambat proses penuaan, juga tak kalah penting.

Sekedar bocoran, untuk makanan yang mencegah penuaan dini, makanlah makanan yang segar, sayuran dan sejenisnya.

Jenis Makanan yang Membuat Kulit Cepat Tua

Adapaun makanan yang perlu dibatasi, karena berefek pada percepatan proses penuaan wajah adalah sebagai berikut:

1. Makanan yang Digoreng

Siapa yang tak suka makanan yang digoreng? Tentu umumnya kita menyukai makanan yang dimasak seperti ini. tetapi minim saja mengkonsumsinya ya, sebab kalau over nanti menyebabkan peradagangan pada tubuh. Ditambah lagi makanan ini kaya dengan lemak sehingga kadar kolesterol jahat bisa meningkat.

2. Daging Bakar

Kebanyakan kita menyukai daging bakar, disamping baunya menggoda, rasa dagingnya juga cukup berbeda. Tetapi, pada daging bakar yang terlalu hangus, nanti ia menghasilkan hidrokarbon dimana ia memengaruhi kolagen kulit. Karena itu, sebaiknya bagian daging yang hangus tidak perlu dimakan.

BACA   Suntik Vitamin C dan Kolagen, Benarkah Bikin Cantik?

3. Daging Merah

Daging merah mengandung radikal bebas sehingga menghambat kemampuan kulit dalam memproduksi kolagen. Daging merah misalnya daging sapi, meski enak tetapi sebaiknya dihindari atau diganti dengan daging ayam. Toh, enaknya tak kalah kan? Hehe. Ya demi kesehatan dan bekal masa depan anda.

4. Makanan dan Minuman yang Kandungan Gulanya Tinggi

Memang tubuh kita memerlukan kandungan gula, tetapi jika terlalu tinggi nanti dapat menyebabkan kerusakan pada kolagen kulit. Ditambah lagi, terlalu banyak gula nanti akan mengotori gigi, menempel di kulit dan bisa jadi malah menyebabkan gigi berlubang. Jadi, proporsional aja ya sobat sehat setia.

5. Daging Berlemak

Agar proses penuaan dini dapat dicegah, sobat sehat setia juga harus menghindari konsumsi lemak daging secara berlebihan. Atau pilih daging yang minim lemaknya seperti daging dada ayam. Disamping itu, bagian dada ayam juga kaya dengan daging sehingga rasanya nikmat plu sehat.

6. Makanan Olahan

Mengapa sebaiknya anda harus menghindari makanan olahan? Sebab di dalam makanan seperti ini biasanya mengandung zat pengawet.

Padahal zat ini sangat berdampak pada proses penuaan dini. Ini juga yang menjadi alasan, mengapa orang tua dahulu terlihat awet muda dan umurnya panjang-panjang. Jawabannya karena mereka tidak mengkonsumsi makanan olahan.

7. Makanan Asin

Waspada, makanan asin juga dapat memengaruhi penuaan dini. Alasannya, garam yang terlalu banyak bisa membuat tubuh menahan air dalam jumlah banyak. Akibatnya kulit jadi lembap. Karena itu, batasi makanan asin. Apa pun itu. Terlebih cemilan yang banyak disukai anak muda, batasi.

8. Minuman yang Mengandung Alkohol

Bahaya minuman ini tak perlu lagi dijelaskan. Yang jelas, alcohol dapat merusak system tubuh dan mengganggu aktifitas. Jika kamu terus-terusan mengkonsumsi ini, bukan saja kulit cepat tua tetapi kamu juga bisa cepat mati. Serius!

BACA   Waktu Terbaik untuk Ngemil Sehat Agar Badan Tidak Gemuk

9. Minuman yang Mengandung Kafein

Kafein sangat penting untuk tubuh, tapi tidak berlebihan. Kopi misalnya, memang mengandung kafein. Tetapi kalau dikonsumsi berlebihan, nanti kafein ini membuat tubuh mengalami kekurangan cairan. Lalu kulit terlihat kusam dan tentu anda akan terlihat lebih tua.

Menerapkan Pola Makan Sehat

Jika makanan-makanan itu harus dihindari, lantas anda makan apa? Nah pertama anda makan yang ada proteinnya seperti ikan atau biji-bijian dan telur. Lalu pilih makanan-makanan yang memiliki nutrisi tetapi lemak dan gulanya ringan seperti pie apel.

Makanan yang bernuansa tepung juga sebaiknya ganti pake gandum utuh. Semakin berwarna piringmu, semakin baik kandungannya.

Jangan lupa, minum air putih setiap hari. Jika anda kekuarangan air, nanti mengalami dehidrasi atau penyakit lain seperti sakit kepala, kelalahan atau kesembelit.

Oya satu lagi, selain makanan dan minuman, sobat sehat setia juga harus rajin olah raga. Dijamin, jika pola makan sudah baik dan pola olahraga sudah teratur, hidup anda akan sehat, awet muda dan plong. Demikian!

Artikel Pilihan :

√ Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut Berkilau

Leave a Reply