Khasiat Buah Markisa Kuning yang Ajaib dan Misterius

Khasiat Buah Markisa Kuning – Buah markisa sudah sangat dikenal seantero nusantara ini. Buah yang bernama latin passiflora quadrangularis L ini memiliki rasa yang asam, sedikit manis ini membuat air liur tak tertahankan meskipun hanya mendengar suaranya saja.

Sangat nikmat jika dibuat menjadi minuman dingin di saat cuaca panas. Membuat badan segar dan meningkatkan semangat bagi sobat.

Buah markisa di Indonesia ini terdapat beberapa jenis yang dibudidayakan yaitu markisa ungu alias passiflora edulis var. Edulis, markisa konyal atau passiflora lingularis, markisa kuning atau passiflora edulis var. Flevicarpa, serta markisa erbis yang disebut juga passiflora quadrangularis.

Buah yang berbentuk bulat dan dalamnya dipenuhi dengan biji-biji yang terlindungi dengan selaput pelindung biji. Selaput itulah yang masuk menjadi bagian daging buah.

Tanaman ini merambat, sehingga sering menjadi hiasan-hiasan yang dibentuk indah di beberapa tempat wisata. Habitat aslinya dari daerah pegunungan yang sejuk, namun bisa juga ditanam dan berbuah di dataran rendah.

Kandungan dan Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan

manfaat buah markisa

kandungan buah markisa

Berdasarkan penelitian invitro di Universitas of Florida, ditemukan bahwa buah markisa kuning ini mengandung zat fitokimia yang dapat membunuh sel kanker.

Zat fitokimia itu diantaranya adalah polifenol, karotenoid, harman, harmol, passaflorine, viteksin, krisin, harmalin, harmine, dan isoviteksin.

Kandungan gizi pada buah markisa kuning adalah lemak, protein, serat, kalsium, mineral, zat besi, karoten, fosfor, zat besi, niasin, tiamin, riboflavin, asam askorbat dan asam sitrat.

BACA   Manfaat Susu Produgen untuk Tulang & Kesehatan

Kandungan gizi inilah yang membuat markisa kuning memiliki manfaat yang sangat melimpah bagi kesehatan tubuh.

1. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Di dalam buah markisa terdapat antioksidan yang berfungsi untuk mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh, karena zat antioksidan ini akan menjadi penghambat tumbuhnya sel-sel kanker.

2. Mengobati asma

Buah markisa memiliki sifat dapat memblokir histamin sebagai gejala asma. Kandungan tersebut dapat menenangkan serangan asma.

Sehingga dengan mengkonsumsinya, sangat baik dalam penyembuhan penderita asma.

3. Memperlancar dan menyehatkan pencernaan

Serat yang terkandung pada daging buah markisa sangat tinggi. Akan berfungsi untuk memperlancar pencernaan. Sehingga dengan mengkonsumsi buah ini, pencernaan akan menjadi lancar dan usus pun akan menjadi bersih.

4. Memiliki efek relaksasi

Buah markisa memiliki kandungan zat yang dapat memberikan efek menenangkan pikiran dan dapat mengendurkan saraf. Karena manfaat inilah buah markisa dijadikan sebagai minuman relaksasi.

Apalagi disajikan dalam kondisi dingin. Hemm, akan semakin nikmat bagi tubuh.

BACA : Manfaat Buah Srikaya yang Jarang Diketahui Orang

5. Mengontrol tekanan darah

Kandungan kalium berfungsi sebagai vasolidator, yaitu menenangkan pembuluh darah serta dapat meningkatkan aliran darah.

6. Mengurangi insomnia

Mengkonsumsi buah ini akan berefek saraf menjadi lebih tenang dan rileks, sehingga saraf menjadi lebih mudah mengantuk. Minumlah segelas jus markisa sebelum tidur agar dapat lekas tidur.

7. Sumber nutrisi baik

Satu buah markisa 100 gram (3,5 ons) di dalamnya mengandung 30 mg vitamin C. 100 gram buah markisa mengandung 1275 IU vitamin A.

Vitamin A ini berfungsi untuk kesehatan kulit dan meningkatkan kualitas penglihatan. Buah markisa juga mengandung sumber kalium (348 mg dalam 100 gram).

8. Baik untuk diet

Buah markisa mengandung kalori yang cukup rendah yaitu 97 kalori per 100 gram. Rendah juga akan kandungan sodium dan lemak. Didalamnya terkandung karbohidrat serta gula alami.

BACA   Makanan sehat untuk Ibu Hamil yang Wajib Diketahui

Karena itulah, buah ini sangat baik untuk diet, membuat badan tidak gemuk.

Buah markisa efektif juga untuk menurunkan kolesterol tubuh,dan serat yang tinggi. Membuat efek kenyang pada tubuh, sehingga tidak ingin makan terus menerus.

9. Melawan kanker

Buah markisa mengandung zat fitokimia yang dapat membantu melawan sel-sel kanker. Dari hasil penelitian, ekstrak dari buah markisa dapat membantu menyembuhkan penyakit kanker dengan dijadikan obat kanker.

10. Mengoptimalkan sistem imunitas

Kandungan vitamin C, karoten dan crytoxanthin sangat baik untuk menjaga dan mengoptimalkan kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh inilah yang membuat penyakit sulit menyerang tubuh.

BACA : Bawang Dayak Obat Kuat

11. Mengandung folat

Asam folat sangat baik untuk kesehatan mental dan otak, serta mencegah kecacatan bayi selama dalam kandungan. Dan luar biasanya asam folat ini terkandung di dalam buah markisa.

12. Kaya akan beta karoten

Betakaroten yang terkandung di dalam buah markisa kuning bermanfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya mendorong perkembangan tulang dan gigi, perbaikan jaringan tubuh yang rusak, mengurangi resiko terkena penyakit athritis, depresi dan penyakit parkinson.

13. Sumber vitamin C

Kandungan vitamin C di dalam buah markisa dapat memenuhi kebutuhan 50% vitamin C harian. Karena itulah, mengkonsumsi buah ini dapat membuat tubuh semakin fit, bugar, dan sehat.

14. Baik untuk kesehatan kulit

Kandungan vitamin C serta antioksidan di dalam buah markisa bisa membuat kulit menjadi lebih muda. Selain itu dapat merangsang pertumbuhan sel muda pada kulit wajah sehingga wajah akan tampak lebih awet muda dan segar alami.

15. Kaya akan kandungan zat besi

Zat besi di dalam buah ini sangat melimpah. Zat besi ini dapat membantu dalam pemenuhan gizi harian tubuh.

Demikian kelima belas manfaat buah markisa yang sangat ajaib. Semoga bermanfaat, ya.

Leave a Reply