Makanan sehat untuk Ibu Hamil yang Wajib Diketahui

Makanan sehat untuk Ibu Hamil – Hai dears, anda sedang hamil muda? Pasti merasakan mual dan muntah setiap hari, betul kan? Jika anda tidak mengalami hal seperti itu, bersyukurlah.

Dan tetap fokus menjaga kesehatan anda dan janin anda. Berarti, anda dapat lebih mengoptimalkan asupan gizi yang lebih baik untuk buah hati anda dalam rahim.

Namun, jika anda adalah calon ibu yang setiap hari merasakan mual dan muntah, maka bersabarlah dan jangan menyerah untuk memberikan asupan makanan sehat dan bergizi pada janin anda.

Tetap paksakan agar asupan makanan sehat dan bergizi dapat masuk dalam perut anda, meskipun banyak penolakan yang terjadi dari perut anda.

Mengapa seperti itu? Karena faktanya, sangat penting bagi seorang calon ibu memberi asupan makanan sehat di usia kehamilan 1-3 bulan, di usia itulah janin mulai tumbuh, sehingga memerlukan banyak vitamin dan mineral agar dapat berkembang dengan baik.

makanan sehat

READ : Tips Kecantikan Alami Saat Bepergian

Anda pasti pernah mendengar, bahwa ibu hami harus makan dua kali lipat karena sedang berbadan dua? Jangan percaya, dears. Itu hanyalah mitos.

Yang benar adalah makan dua kali lebih bergizi agar semakin membuat kandungan anda menjadi sehat.

Jika anda makan berlebihan, maka asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh anda akan berlebihan, sehingga membuat tubuh anda menjadi kegemukan.

Penting dicatat, bahwa ibu hamil yang gemuk belum tentu melahirkan bayi yang gemuk juga. Karena bisa jadi, akhirnya ibu hamil menjadi sulit untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan nanti.

Makanan sehat untuk Ibu Hamil

Lalu, bagaimana caranya mengatur gizi bagi ibu hamil? Caranya adalah makanan yang anda makan sebaiknya diatur agar sesuai dengan tahap pertumbuhan janin. Yuk, ikuti penjelasan di bawah ini!

1. Pentingnya Folic acid

ciri ciri kehamilan

ciri ciri kehamilan

Dears, secara umum kehamilan baru bisa diketahui pada usia empat minggu. Di usia itu, janin masih berupa gumpalan embrio yang besarnya seperti biji selasih.

Pada usia janin seperti itu, anda dapat meminum multivitamin untuk ibu hamil yang mengandung minimal 400 mcg folic acid, yang berfungsi untuk menyiapkan rahim dan mengurangi resiko terjadinya penyakit tulang belakang tidak tertutup sempurna (spina bifida) pada bayi anda.

BACA   Pohon Srikaya, Kandungan dan Manfaatnya untuk Kesehatan (lengkap)

Folic acid terdapat pula pada makanan lain, baik pada sayuran maupun buah-buahan.

Diantaranya adalah terdapat pada brokoli, kembang kol, wortel, kol, kacang kedelai, jagung, alpukat, jeruk, jambu batu, sereal baik yang berbahan gandum maupun jagung.

Dengan mengkonsumsi makanan tersebut, janin anda akan semakin sehat dan berkembang dengan baik sesuai perkembangan usianya dalam kandungan.

2. Mengetahui Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

makanan sehat

Prinsipnya, setiap hari makanan sehat untuk ibu hamil muda harus memenuhi kandungan empat sehat lima sempurna. 4 sehat 5 sempurna.

Yaitu mengandung karbohidrat, sayuran, buah-buahan, protein baik nabati maupun hewani, juga produk susu seperti susu, yoghurt dan keju.

Berikut tips untuk ibu hamil, agar dapat memenuhi makanan sehat di usia kandungan 1-2 bulan, yaitu :

  • Dianjurkan waktu makan adalah lima kali, yaitu pagi hari ketika sarapan, makan siang, makan malam, serta camilan di antara tiga kali makan utama tersebut.
  • Porsi sayuran dan buah-buahan lebih banyak daripada porsi karbohidrat. Sehingga penetapan hidangan dalam piring perlu dipertimbangkan kembali komposisi karbohidrat, sayuran, dan buah-buahannya.
  • Untuk mengurangi rasa mual, anda dapat makan dalam porsi kecil namun sering, dibandingkan sekali makan dan langsung dalam porsi yang banyak. Hal tersebut dapat membantu agar anda tidak terlalu mual ketika makan.
  • Dalam satu porsi makan, tidak apa jika tidak langsung komplit mengandung empat sehat lima sempurna. Anda dapat mengaturnya ke dalam waktu-waktu makan anda. Misal, ketika anda sarapan, bisa saja hanya memakan susu, roti dan telur. Sayuran dan buah-buahan bisa dimakan ketika diwaktu ngemil di siang hari atau sore hari. Dan sebagainya.

3. Cairan yang dibutuhkan dalam Tubuh Ibu Hamil

Takaran air yang perlu diminum ibu hamil adalah sebanyak delapan gelas setiap harinya. Karena, cairan sangat dibutuhkan bagi tubuh ibu hamil. Apalagi ibu hamil akan lebih sering mengeluarkan keringat dan sering buang air kecil, jadi benar-benar asupan cairan perlu terus dijaga.

Selain minum air putih, cairan dapat pula berupa jus buah dan susu. Sama juga seperti ketika makan, maka minum juga dapat dibagi-bagi menjadi porsi kecil-kecil tetapi sering.

4. Makanan yang harus dihindari

Selain mengkonsumsi makanan dan minuman sehat, anda juga perlu menjaga diri dari makanan dan minuman yang tidak baik bagi tubuh anda. Diantaranya adalah anda harus mengurangi konsumsi kafein, batas maksimal konsumsinya adalah 200 mg per hari, atau sekitar dua cangkir kopi per hari.

BACA   Cara Mengatasi Susah Tidur Ketika Puasa [Ampuh]

Selain itu, berikut adalah makanan yang harus dihindari, yaitu:

  • Daging yang dimasak kurang matang
  • Telur yang dimasak kurang matang
  • Sushi
  • Alkohol
  • Mayonaise, karena mengandung telur yang masih mentah
  • Produk-produk susu seperti susu, yoghurt, atau keju yang tidak dipasteurisasi terlebih dahulu
  • seafood yang memiliki kandungan merkuri cukup tinggi, misalnya kerang.

5. Makanan untuk meningkatkan mood ibu hamil

makanan sehat

Ketika dalam masa kehamilan, anda pasti mengalami penurunan mood. Hal ini wajar terjadi, karena hormon dalam tubuh anda banyak mengalami perubahan.

Namun, jika terjadi berkepanjangan maka dapat mempengaruhi janin. Karena di saat hamil, plasenta yang fungsinya membawa nutrisi dan makanan untuk janin,

juga dapat membantu melepaskan hormon stress yang efek negatifnya akan berdampak pada pertumbuhan janin dalam kandungan.

Karena itu, ibu harus menjaga selalu mood. Di samping itu, harus cerdas juga memilih makanan yang dapat meningkatkan mood. Diantaranya adalah:

a. Coklat

Coklat mengandung zat yang dapat memperbaiki mood dan dapat membuat anda lebih tenang dan berbahagia.

Namun, anda yang sedang hamil tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsinya karena coklat mengandung kafein.

b. Pisang

Pisang kaya akan potasium. Sangat berguna untuk membantu perkembangan otak janin di dalam kandungan anda. Selain itu, pisang juga mengandung zat yang dapat mempengaruhi mood ibu hamil.

Plusnya lagi adalah pisang mengandung vitamin B yang dapat meredakan level depresi pada seseorang.

Dianjurkan ibu hamil mengkonsumsi pisang setiap hari selama masa kehamilan dan juga pasca melahirkan.

c. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan penting untuk membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental pada Ibu hamil.

Kacang-kacangan mengandung kadar hormon serotonin yang cukup tinggi, hormone inilah yang membuat Ibu hamil merasa nyaman dan bahagia.

Kacang-kacangan juga mengandung protein yang dapat membantu Ibu hamil mengatasi depresi.

d. Yoghurt

Mengkonsumsi yoghurt secara rutin bisa mengurangi stress pada ibu hamil. Bakteri baik yang dikandung di dalamnya dapat membantu kerja saluran pencernaan dan mengirim sinyal yang menenangkan pada system syaraf tubuh anda.

e. Alpukat

Alpukat mengandung tiga zat yang dapat membantu memperbaiki mood pada ibu hamil.

Diantaranya adalah folat yang dapat membantu meredakan depresi. Selanjutnya, triptofan yang dapat membantu meningkatkan hormon serotonin (hormon kebahagiaan) dalam otak.

Yang terakhir, mengandung vitamin B6 yang berperan menjadi penenang saat anda merasa stres.

ARTIKEL PILIHAN

Ciri-Ciri Kehamilan yang Wajib Anda Ketahui, Mom!

2 Comments

  1. Abu Hamzah 10 November 2018
    • admin 3 January 2019

Leave a Reply