Manfaat Bawang Dayak untuk Obat Kuat [AMPUH]

Manfaat Bawang Dayak  – Bawang Dayak untuk obat kuat ini memiliki banyak nama, di antaranya dikenal dengan bawang hantu, bawang berlian, bawang hutan, bawang arab, bawang sabrang dan sejenisnya.

Bawang ini aslinya bersal dari Kalimantan terutama Kalimantan Tengah. Di daerah ini, bawang Dayak dikenal khasiatnya berdasarkan informasi turun temurun, salah satunya bawang Dayak untuk obat kuat.

Sebetulnya bawang Dayak terlihat sebagaimana bawang biasanya yang berwarna merah. Tetapi tentu saja tanaman herbal ini memiliki perbedaan dari bawang lain.

Salah satunya terletak pada bentuk daun, aroma dan juga rasa umbinya. Meski di daerah ini terkenal, tetapi manfaat bawang Dayak belum banyak diketahui oleh orang luar Kalimantan.

Karena itu kami akan sharing beragam manfaatnya.

Khasiat Bawang Dayak Untuk Pria dan Wanita

bawang dayak kalimantan

bawang dayak

Bukan saja untuk pria, bawang Dayak juga memiliki sederet manfaat untuk wanita. Misalnya, untuk meringankan penyakit vertigo, untuk obat diabetes, menurunkan kolesterol, mengatasi hipertensi, sembelit dan sebagainya.

Sementara khusus untuk pria, bawang Dayak berkhasiat meningkatkan stamina. Detial manfaat bawang Dayak untuk pria dan wanita adalah sbb;

1. Manfaat Bawang Dayak untuk Meningkatkan Stamina

Banyak cara yang dilakukan oleh lelaki untuk meningkatkan stamina atau vitalitas. Ya memang hal ini sangat penting terutama bagi yang sudah memiliki pasangan.

Biasanya, mereka mengkonsumsi berbagai obat dan juga melakukan aktifitas olah raga. Nah, masih jarang orang mengetahui ternyata bawang Dayak mampu meningkatkan stamina.

BACA   Perawatan Wajah Berminyak Paling Afdhal untuk Wanita

Mengapa? Karena dalam bawang Dayak terkandung senyawa yang fungsinya untuk antioksidan. Dan kita tahu, antioksidan memiliki fungsi menangkal radikal bebas atau zat beracun yang ada dalam tubuh.

Selain itu, bawang ini juga bisa menormalkan proses metabolism sehingga tubuh akan memiliki aktifitas yang lebih prima.

2. Khasiat Bawang Dayak Bagi Wanita

Selain untuk pria, bawang ini juga memiliki manfaat untuk wanita.

Misalnya, melalui bawang Dayak ini nanti wanita bisa mengatasi keputihan, mencegah kangker, melancarkan ASI ketika menyusui, mencegah kanker Rahim. Luar biasa bukan?

bawang dayak kalimantan

manfaat bawang dayak

3. Manfaat Bawang Dayak untuk Mengatasi Kanker Prostat

Kanker prostat merupakan kanker yang terdapat di kelenjar kecil di panggul lelaki, dimana tempat ini masih termasuk system reproduksi.

Tentu saja orang yang mengalami kanker ini akan mengalami gangguan juga terhadap kualitas sperma.

Akibatnya gairah seksual pada pria akan menurun. Untuk mengatasinya, anda bisa mengkonsumsi bawang Dayak baik bentuk pil, serbuk dan sebagainya.

4. Manfaat Bawang Dayak untuk Mengatasi Sakit Pinggang

Nyeri pinggang sangat lumar dialami oleh setiap orang terutama para pekerja. Tetapi yang paling sering ialah dialami lelaki dewasa. Penyebabnya misalnya karena terlalu lama duduk atau berdiri. Nah untuk mengatasinya, anda bisa mengkonsumsi bawang Dayak secara rutin dan teratur.

Cara Mengkonsumsi Bawang Dayak

bawang dayak kalimantan

bawang dayak kalimantan

Cara mengkonsumsi bawang dayak sangat mudah.

Pertama, anda bisa memakan langsung mentah-mentah.

Kedua, anda bisa memakan bawang Dayak setelah diolah semisal menjadi manisan.

Ketiga, anda bisa mengkonsumsinya setelah direbus, nanti airnya diminum. Cara buatnya juga sederhana, ambil bawang Dayak yang cukup tua, bersihkan lalu rebus.

Setelah itu, minum air rebusan ketika masih hangat. Konsumsi cara seperti ini minimal dua kali dalam sehari. Dijamin, cepat atau lambat, anda akan merasakan efek positif dari bawang Dayak ini.

BACA   Pohon Srikaya, Kandungan dan Manfaatnya untuk Kesehatan (lengkap)

jangan takut, obat herbal dijamin aman, ko. Jika ada gejala yang berbeda dan terjadi terus-menerus, silahkan berkonsultasi dengan dokter.

Kandungan Bawang Dayak

bawang dayak kalimantan

khasiat bawang dayak

Bawang Dayak mengandung alkaloid, flavonoid, glikosida, fitokimia, fenolik, steroid, zat zanin dan sebagainya yang termasuk zat-zat dasar untuk dijadikan obat modern.

Misalnya, alkalaoid adalah bahan organic yang memiliki kandungan nitrogen yang tak lain bagian dari heterosiklik. Bahkan senyawa alkaloid, glikosida , flavonoid, dan saponin memiliki aktivitas hipoglikemik.

Hipoglikemik adalah penurunan kadar glukosa darah yang tentu saja memiliki fungsi mengobati pasien yang terkena diabetes. Selain itu, alkalaoid juga bermanfaat untuk anti mikroba.

Sementara tanin, bisa dimanfaatkan untuk obat sakit perut. Itulah kira-kira manfaat dari bawang Dayak yang sangat penting ini. semoga informasi ini bermanfaat, ya. Demikian!

Read :

Manfaat bawang putih tunggal bagi kesehatan

Leave a Reply