Manfaat Jamur Kuping untuk Kesehatan, WOW!

Manfaat Jamur Kuping – Mungkin kita pernah melihat atau bahkan makan jamur kuping, tetapi tahukan anda manfaat jamur kuping ini? jika ditelusuri, ternyata jamur kuping memiliki sederet manfaat bagi kesehatan tubuh.

Jamur yang berwarna coklat gelap seperti kuping ini mudah kita temui. Sebab jamur ini sering dijadikan tambahan untuk sup dan tumisan. Berikut penjelasan detailnya.

Manfaat Jamur Kuping dan Kandungan Nutrisinya

Jamur kuping adalah jamur yang warnanya cokelat gelap kehitaman dan sering juga disebut jamur hitam. Nama latin jamur kuping adalah Auricularia polytricha.

Jamur yang bentuknya tidak beraturan ini gampang ditemukan di sekitar anda sebab ia tumbuh di batang pohon atau sejenisnya. Karena itu, jamur ini cukup populer untuk dibuat makanan.

Di samping rasanya enak, ternyata jamur kuping juga sangat penting untuk asupan nutrisi bagi tubuh. Dengan begitu, berarti jamur ini memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Merawat Sel-Sel Tubuh

Meski jamur kuping memiliki kalori dan lemak yang sedikit, tetapi kandungan proteinnya sangat tinggi. Segelas jamur saja bisa memiliki 80 kalori, 1 gram lemak dan 2,6 gram protein.

Sementara protein, memiliki fungsi membantu untuk membangun sel-sel tubuh yang rusak. Di samping itu, jamur ini juga mengandung natrium yang bisa menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat lain jamur kuping adalah membantu system kekebalan tubuh dan membantu meningkatkan kemampuan melawan stress. Sebagaimana diketahui, kandungan vitamin B2 atau yang disebut Riboflavin dapat mengubah karbohidrat menjadi glukosa sebagai sumber energy.

BACA   Waktu Terbaik untuk Ngemil Sehat

Selain itu, riboflavin juga sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

3. Mencegah Penyakit Alzheimer

Menurut jurnal internasional (International Journal of Medicinal Mushrooms), jamur shitake, jamur kuping, jamur kancing dan jamur enoki memiliki kemampuan perlindungan terhadap demensia bahkan penyakit Alzheimer.

Sebab nutrisi di dalamnya bisa menghambat enzim beta site yang bertanggung jawab untuk melepaskan beta-amyloid peptida, senyawa yang dapat berdampak buruk bagi otak.

Penyakit Alzheimer merupakan penyakit lansia yaitu penurunan fungsi otak. Biasanya, ketika orang mulai mengalami penyakit ini, ia akan lemah dalam hal berfikir, berbahasa, menentukan pilihan, lemah mengingat dan sebagainya. So, silahkan konsumi jamur kuping agar penyakit itu terminimalisir di masa tua anda.

4. Mencegah Anemia

Manfaat jamur kuping selanjutnya adalah mampu mencegah anemia. Diketahui satu mangkuk jamur memiliki kandungan sebanyak 1,7 mg zat besi. Lalu zat besi juga menghasilkan protein seperti myoglobin dan hemoglobin yang keduanya dapat mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Seseorang yang mengalami kekurangan zat besi bisa menyebabkan terserang penyakit anemia. Penyakit ini akan terasa gejalanya seperti pusing, tubuh cepat lemah dan sebagainya.

Bagi wanita lebih parah lagi, jika memiliki anemia, ia akan kesulitan ketika hamil. Sebab sel darah di tubuh sangat dibutuhkan guna membentuk janin. Karena itu, zat besi amat penting untuk mereka.

5. Menjaga Berat Badan

Manfaat jamur kuping terakhir adalah bisa menjaga berat badan. Perlu diketahui, lelaki dewasa membutuhkan 38 gram serat setiap harinya, dan dalam jamur ini terkandung 19,6 gram serat dalam setiap cangkir.

Karena itu, mengkonsumsi jamur kuping sangat bermanfaat. Sementara wanita dewasa, mereka membutuhkan 32 gram-an.

BACA   Khasiat Buah Markisa Kuning untuk Kesehatan

Fungsi serat yang ada di setiap makanan sangat penting untuk proses pencernaan. Sebab dengan serat ini dapat membantu gerakan usus sehingga penyakit seperti sembelit dapat dihindari.

Di samping itu, makanan yang padat dengan serat, dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama.

Demikian kelima manfaat jamur kuping untuk kesehatan. Semoga bermanfaat, ya.

Baca Artikel Pilihan : 

Cara Agar Tidur Nyenyak

Makanan yang Cepat Bikin Tua

Leave a Reply