Manfaat Minyak Kelapa Agar Rambut Berkilau

Manfaat Minyak Kelapa  – minyak kelapa murni adalah minyak yang dibuat dari bahan kelapa yang diparut, diperas dan dididihkan hingga menjadi minyak. Itu cara tradisional.

Minyak kelapa ini memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, kesehatan, obat dan juga bahan komoditif tentunya.

Kalu kita jalan-jalan ke kampung, atau ke pesisir pantai, dengan mudah kita dapati pohon kelapa yang menjulang ini. Sayangnya, untuk pembuatan minyak kelapa secara tradisional, kita hanya menemukan di kampung-kampung.

Karena terbuat dari poohon kelapa, tentu saja minyak ini memiliki segundang manfaat, termasuk untuk rambut agar hitam berkilauan. Lantas apa saja sih kandungan dan manfaat lainnya?

Kandungan Minyak Kelapa 

Dari sekian banyak minyak rambut yang anda kenal, minyak kelapa murni adalah minyak paling baik untuk rambut. Penelitian membuktikan bahwa menggunakan minyak kelapa baik sebelum atau setelah mencuci rambut bisa mencegah hilangnya protein ketimbang minyak mineral dan bunga matahari.

Lebih dari itu, minyak kelapa dapat mengurangi hilangnya protein pada rambut yang memutih, terpapar sinar UV dsb. Minyak kelapa sendiri sebagian besarnya terdiri dari asam lemak rantai menengah atau asam laurat sehingga lebih mudah diserap ke dalam batang rambut. Sementara minyak bunga matahari memiliki kandungan asam linoleate yang strukturnya lebih besar dan tidak mudah diserap oleh rambut.

Manfaat Minyak Kelapa 

1. Menumbuhkan rambut lebih panjang

Terutama bagi perempuan, memiliki rambut panjang adalah idaman hampir kebanyakan mereka. Bukan saja panjang, tetapi juga berkilau. Karena itu berbagai perawatan rambut seringkali mereka lakukan. Untuk menghasilkan kualitas yang baik dengan harga terjangkau, sebaiknya wanita menggunakan minyak kelapa murni.

BACA   Cara Cepat dan Alami Agar Kulit Putih, Cerah, dan Sehat

Minyak kelapa yang berfungsi memanjangkan rambut ini tiada lain dengan beberapa manfaat yaitu:

  • Melindungi rambut dari kehilangan protein dan kerusakan saat basah.
  • Melembabkan rambut dan mengurangi kerusakan.
  • Melindungi rambut dari kerusakan lingkungan sekitar seperti angin, matahari dan asap.

2. Mencegah Kerusakan Rambut

Di samping dapat memanjangkan rambut, minyak kelapa murni juga bisa mencegah rambut dari kerusakan. Dengan cara mengoleskan minyak kelapa ke rambut sebelum atau sesudah keramas, rambut anda akan tetap sehat dan terhindar dari kerusakan. Jika anda melakukannya sebelum keramas, hal itu dapat mengurangi jumlah air yang diserap batang rambut sehingga tidak rentan rusak.

Sementara jika anda mengoleskannya setelah keramas, hal itu dapat membuat rambut lebih halus dan lembut. Cara ini dinilai dapat mengurangi jumlah gesekan antar rambut saat keramas sehingga rambut tidak mudah rusak.

3. Manfaat Minyak Kelapa Murni untuk Rambut

Ada manfaat lain selain untuk mencegah kerusakan rambut dan untuk memanjangkan rambut. Asalkan proporsional, tidak berlebihan, minyak kelapa juga memiliki sejumlah manfaat untuk rambut anda. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Minyak kelapa dapat Mencegah timbulnya ketombe.
  • Minyak kelapa dapat mencegah tumbuhnya kutu.
  • Minyak kelapa dapat mencegah rambut rontok.
  • Minyak kelapa dapat memberikan perlindungan dari matahari

Efek Samping 

Secara umum minyak kelapa murni merupakan minyak yang aman untuk rambut. Hanya saja ada beberapa hal yang mesti anda perhatikan. Di antaranya adalah tidak menggunakannya secara berlebihan. Sebab jika anda menggunakannya dengan dosis yang banyak, nanti bisa menyebabkan penumpukan minyak dikepala. Akibatnya, rambut bisa menjadi kusam dan rambut mudah jatuh dari kepala.

Read : Cara Ampuh Diet Saat Puasa

Cara Menggunakan Minyak Kelapa Murni untuk Rambut

Setelah mengetahui kandungan minyak kelapa dan juga bagaimana manfaatnya yang luar biasa untuk rambut, sekarang kami sajikan cara menggunakan minyak kelapa untuk rambut. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan minyak kelapa sebanyak 3-5 sendok makan, lalu tuangkan ke mangkuk microwave. Hanya saja jumlah ini terkandung pada ketebalan dan panjangnya rambut. Jika rambut anda tebal dan panjang, gunakan 5 sendok makan. Jika tipis, cukup 3 atau 4 sendok makan saja.
  2. Masukan mangkuk ke dalam microwave, masak hingga 30 detik hingga sampai meleleh. Minyak yang hangat cukup mudah diterapkan atau dioleskan ke rambut. Selain itu anda juga bisa memanaskan minyak kelapa ke sarana apa saja teramsuk menggunakan kompor dan panci. Silahkan.
  3. Oleskan minyak kelapa ke rambut dan biarkan hingga beberapa menit. Oleskan juga di bagian kepala tepatnya di sekitar bagian atas kepala sampai matai. Gunakan pula jari untuk memijat agar minyak bisa terserap dan membasahi rambut dengan sempurna. Untuk mendapatkan pemerataan yang lebih sempurna, anda bisa menggunakan sisir.
  4. Setelah itu, tutup rambut dengan shower cap, anda juga bisa menggunakan karet rambut longgar agar proses itu tetap rapi di atas kepala. Usap minyak yang mentetes ke wajah dengan kain handuk.
  5. Biarkan proses itu hingga minimal 2 jam atau bisa juga semalam agar resapannya menjadi sempurna. Semakin lama semakin baik.
BACA   Merawat Rambut Wanita Berhijab | Woman Tips & Trik

Demikian sederet manfaat minyak kelapa untuk kilau dan sehatnya rambut anda. Lalukan secara rutin dan proporsional. Hendaknya anda memulai dari porsi yang sedikit dulu, lalu nanti ditambah.

Hanya saja, banyak sedikitnya ditentukan kelebatan dan kepanjangan rambut anda sebagaimana yang kami paparkan di atas. Demikian semoga bermanfaat!

Leave a Reply