Merawat Rambut Wanita Berhijab | Woman Tips & Trik

Merawat Rambut – Meski berkerudung seolah membuat rambut aman, karena tidak terkena matahari, tidak terkena angina dan debu, padahal tetap saja rambut membutuhkan perawatan.

Jika tidak, nanti akan mudah rontok dan rusak. Nah, sobat sehat setia, kali ini kita akan sharing cara merawat rambut wanita berhijab.

Di bawah ini tips dan trik kesehatan untuk menjaga rambut wanita berhijab agar tetap sehat dan indah. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Gunakan Shampo Khusus Kulit Kepala Sensitif

Mengapa harus menggunakan shampoo ringan khusus kulit? Sebab biasanya wanita yang berjilbab, kepalanya berminyak dan lembap.

Maka dengan shampoo ini nanti bisa menyeimbangkan kondisi kulit dan mencegeah ketombe. Hanya saja anda jangan menggunakan shampoo setiap hari. Sebaiknya berselang dua hari atau tiga hari saja.

2. Rambut Tidak Diikat Terlalu Kencang

Kemudian anda juga sebaiknya tidak mengikat rambut terlalu kencang, nanti malah mudah rontok. Sebagai alternative, mungkin anda bisa menatanya dengan agak longgar, atau biarkan terurai saja di dalam hijab.

Sebetulnya cukup simple jika kerudung yang anda kenakan berukuran besar sehingga rambut terurai pun tidak keluar kerudung dan tak terlihat.

3. Sisir Rambut Sebelum Mandi

Sisirlah rambut Anda menggunakan wide-tooth comb (sisir bergerigi jarang dan lebar dengan bentuk pipih tipis) agar rambut yang kusut menjadi lurus.

BACA   Agar Kulit Putih & Glowing : Begini 'Ritualnya'

Meski sederhana, ternyata cara ini dinilai sangat penting agar rambut tidak mudah rontok. Ditambah lagi, menyisir sebelum mandi juga akan memudahkan proses keramas atau perembesan air ke kulit kepala.

4. Keringkan Rambut Sebelum Mengenakan Hijab

Kaidahnya, rambut basah rentan mengalami kerusakan. Karena itu, upayakan rambut anda kering ketika hendak mengenakan hijab.

Jika anda terlalu sering mengenakan hijab dalam kondisi rambut basah, rambut anda juga mudah disusupi ketombe sehingga mudah pula berkembang biak.

5. Masker rambut adalah sahabat Anda

Setiap seminggu sekali, coba untuk deep-moisturise rambut Anda dengan minyak rambut bervitamin. Jika tidak ada, anda bisa meracik dua sampai tiga jenis minyak alami yaitu minyak almond, minyak zaitun dan minyak biji bunga matahari menjadi masker rambut yang mengagumkan.

Oleskan masker rambut kaya vitamin dua-tiga kali seminggu. Krim, vitamin, dan beberapa pijatan lembut akan membantu rambut Anda tumbuh lebih baik.

6. Gerai Rambut Anda Sesekali

Meski anda mengenakan kerudung, coba sekekali buka, tetapi tentu bukan di tempat umum. Misalkan di dalam rumah, biarkan terurai bila perlu terkena sinar matahari.

Dengan begitu, rambut anda akan mendapatkan oksigen sehingga rambut tetap sehat, indah dan tentunya berkilau. Tidak hanya itu, sirkulasi darah pun akan berjalan dengan lancar.

8. Gunakan Hijab yang Bahannya Nyaman di Kulit

Saat ini hijab beraneka rupa, khusus bagi anda yang ingin rambutnya tetap sehat, gunakanlah hijab yang ramah dengan kulit dengan sirkulasi udara yang baik.

Jika memungkinkan, cobalah untuk memakai serat alami yang ringan. Bahan alami yang lembut pada rambut Anda dan akan memungkinkan rambut Anda untuk bernapas lebih baik.

Sebagai rekomendasi, mungkin yang cocok untuk konteks ini adalah kain katun atau chiffon. Kain ini mampu memberikan kesempatan kepada udara untuk lebih leluasa masuk ke kulit.

BACA   Cara Menghilangkan Bopeng Jerawat Paling Ampuh

Jangan gunakan yang pengap, tidak ada sirkulasi udara, atau yang kasar sehingga membuat kulit tidak nyaman. Carilah yang adem.

9. Lakukan Pemotongan Rambut Secara Teratur

Agar rambut tetap sehat, anda juga dianjurkan untuk memotongnya setiap satu bulan setengah. Tujuannya, disamping agar tetap indah, memotong rambut juga bertujuan menghilangkan ujung-ujung rambut yang kering. Dengan begitu rambut anda akan tetap sehat dan mudah tumbuh kembali.

10. Perbanyak Asupan Makanan Protein dan Asam Mino

Selain cara-cara di atas, anda juga dituntut untuk menjaga kesehatan tubuh. Nutrisi tertentu sangat diperlukan guna menunjang kesehatan rambut.

Dalam hal makanan, sebaiknya anda memperbanyak makanan kaya protein dan zat besi semisal telur, bayam, salmon dan sejenisnya. Selain itu, anda juga boleh menggunakan suplemen vitamin guna membantu pertumbuhan rambut anda.

No Responses

  1. Pingback: Ingin Langsing Makan Kepiting - Sehat Setia 12 September 2018

Leave a Reply