Perawatan Wajah Berminyak Paling Afdhal untuk Wanita

Kulit halus dan wajah ceria tentu merupakan dambaan setiap wanita, termasuk mereka yang memiliki wajah berminyak. Karenanya berbagai perawatan pun mereka lakukan.

Memang, perawatan wajah berminyak harus rutin dan rajin. Meski demikian bukan berarti harus berbiaya mahal. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan agar wajah anda ceria dan kulit halus.

Perlu kita ketahui bahwa kulit berminyak disebabkan kelenjar minyak (sebaceous) yang berada di bawah kulit terlalu intensif memproduksi sebum atau minyak berlebih. Sebum adalah zat minyak yang dihasilkan dari lemak tubuh.

Memang zat ini memiliki manfaat untuk melembapkan kulit tubuh tetapi kalau berlebihan nanti bisa menimbulkan jerawat. Ini terjadi lantaran pori-pori kulit tersumbat.

Bahkan bukan hanya jerawat, berbagai masalah kulit pun akan muncul semisal kulit menjadi kusam, berkomedo, bernoda dll yang membuat anda menjadi tidak percaya diri.

Perlu diketahui pula, masalah wajah berminyak bisa dialami oleh setiap orang tanpa mengenal usia. Dengan demikian, mengetahui perawatan wajah berminyak merupakan sesuatu yang urgent bagi anda.

Penyebab menumpuknya minyak ada beberapa faktor, mulai faktor usia, jenis kelamin, gentik, perubahan hormone wanita, cuaca, stres, kondisi fisik dan sebagainya. Apalagi ketidakseimbangan hormone dengan cuaca, dapat memperparah masalah wajah berminyak.

Produk Perawatan yang Tepat untuk Wajah Berminyak

Jika menggunakan berbagai produk skincare, anda harus mengetahui jenis kulit. Sebab wajah berminyak berbeda dengan perawatan jenis kulit lain.

BACA   Cara Menurunkan Gula Darah yang Terlalu Tinggi

Nah produk skincare yang bagus untuk kulit berminyak adalah yang memiliki label oil-free. Produk yang memiliki label memiliki kandungan bahan alami semisal witch hazel extract yang berkhasiat mengecilkan pori-pori dan tentunya menghambat pertumbuhan minyak.

Selain mengetahui jenis kulit dan kandungan produk, anda juga mesti tahu bagaimana cara melakukan perawatannya agar wajah berminyak anda dapat di atasi. Berikut ini rangkaian perawatan teratur, lengkap dan bisa menghasilka lebih maksimal.

1. Menggunakan Facial Foam (Sabun Muka) 

Pertama, sebaiknya anda memilih sabun yang lembutm agar dapat mencegah potensi iritasi kulit. Basuh wajah secara lembut setiap hari sebanyak dua kali.

Ingat, jangan terlalu berlebihan, karena terlalu sering juga tidak menghilangkan minyak di wajah secara cepat. Perlahan tapi pasti, kulit akan semakin kinclong.

2. Pelembap Wajah 

Gunakan pelembap yang ringan dan bebas minyak setidaknya dua kali sehari, pagi dan malam. Pelembap ini, disamping mencegah wajah berminyak, juga memperlambat penuaan. Artinya kulit wajah anda bisa terlihat tampak muda dari umur anda.

3. Produk Skincare Lainnya 

Anda perawatan wajah berminyak, anda juga perlu menggunakan produk skincare semisal toner berleabel free-oil, cleanser dll agar kulit bebas kilap.

Pilihlah produk yang ada kandungan asam salisilat atau benzoyl peroxide yang berkhasiat mengecilkan pori-pori dan ampuh menyerap minyak.

4. Menggunakan Obat Jerawat 

Jika wajah anda berjerawat, sebaiknya anda juga menggunakan obat jerawat. Obat ini bisa mengurangi kandungan minyak di wajah. Caranya oleskan langsung di jerawatnya.

Nanti bisa mempercepat perputaran sel kulit, mengurangi peradangan, melawan infeksi bakteri dan lain sebagainya.

5. Memilih Kosmetik Bebas Minyak 

Pertama tentu kosmetik yang free oil, tetapi sebaiknya anda juga memilih kosmetik yang bebas minyak, misalnya kosmetik bedak. Ini lebih efektif untuk membasmi minyak di wajah.

BACA   Suntik Vitamin C dan Kolagen, Benarkah Bikin Cantik?

6. Menggunakan Kertas Minyak 

Kertas minyak bisa membantu menyerap kadar minyak berlebih, tetapi gunakan sesuai kebutuhan saja. Cara menggosoknya pun jangan terlalu keras. Kertas minyak ini dipercaya ampuh membuat wajah kinclong.

7. Tabir Surya 

Hindari sinar matahari secara langsung. Pakaian yang menutupi kulit lebih efektif melindungi kelembutan kulit dari sinar UVA dan UVB.

8. Lakukan Weekly Treatment 

Perawatan mingguan (weekly treatment) yang bisa anda lakukan misalnya scrubbing dan masker. Dalam beberapa keadaan, dokter sendiri biasanya menyarankan agar melakukan perawatan chemical peeling dan laser.

9. Lifestyle 

Lifestyle yang seimbang memiliki dampak pada beauty dan kesehatan kulit. Hindari mencuci muka setiap hari, merokok, dan biasakan membersihkan wajah sebelum tidur.

Hindari pula konsumsi berlebihan terhadap makanan-makanan berminyak dan sebagainya. Ya intinya hidup seimbang, tidak kekuarangan dan juga tidak berlebih.

BACA : Cara Menghilangkan Wajah Keriput

 

Leave a Reply