Tips Menjaga Kesehatan Wanita yang Wajib Diketahui

Kesehatan adalah hal yang sangat urgen dan tak ternilai harganya. Baik pria maupun wanita, segudang kekayaan pun tak akan berarti jika tubuhnya tidak sehat.

Oleh sebab itu, berbagai upaya untuk menjaga kesehatan pun patut dilakukan. Bukan hanya pengobatan, langkah-langkah preventif juga patut mendapat perhatian.

Pada tulisan ini, kami ingin sharing lebih spesifik seputar kesehatan wanita.

Sebagaimana kita ketahui, pada usia di atas 40 tahun, hormon estrogen wanita sudah tidak diproduksi lagi. Hormon estrogen ini sangat urgen untuk perkembangan seksual dan reproduksi. Estrogen disebut juga hormone seks wanita. Hmm…lantas gimana yah biar wanita tetap sehat?

Tips Menjaga Kesehatan Wanita

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan wanita untuk menjaga kesehatannya. Ini sangat penting, mengingat wanita dikenal memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Padahal jika ia rajin menjaga kesehatan, niscaya tubuhnya akan stabil dan seimban. Di antara tips menjaga kesehatan wanita adalah sebagai berikut:

1. Selektif Terhadap Makanan 

Seorang wanita mesti paham akan makanan apa saja yang perlu dikonsumsi dan berapa banyak ukurannya. Pun ia harus tahu makanan apa yang tak baik untuk tubuhnya. Pastikan selalu bahwa makanan yang masuk adalah makanan yang terbaik untuk tubuhnya. Dengan begitu, nanti tubuhnya memiliki daya tahan terhadap virus dan bakteri yang ada di luar tubuh.

2. Rajin Olah gara 

Wanita harus rajin berolah raga. Sebab aktifitas ini akan melatih fungsi kardiovaskukar dan juga otot tubuh. Saat ini umumnya wanita sering mager alias males gerak sehingga agak susah membiasakan olah raga. Padahal cukup berolah raga 20-30 menit saja setiap hari, mereka akan merasakan nikmatnya kebugaran tubuh.

BACA   Perawatan Wajah Berminyak Paling Penting untuk Wanita

3. Hindari Stress 

Memang sebagai manusia normal terkadang dihadapkan pada persoalan yang buat pusing. Tetapi jika disadari dengan tenang, itu memang lumrah terjadi.

Makanya, tidak perlu sampe stress. Sebab kalau ia pikirkan terus menerus nanti akan stress sehingga berdampak pada tidak lancarnya aliran darah. Gangguna aliran darah akan berdampak pada stroke atau sakit jantung.

Setiap wanita hendak stress, sebaik ia segera menghindarinya dengan berolah raga, senam pernfasan, meditasi, atau melakukan hal-hal yang menyenangkan. Peran suami sangat penting untuk menghibur mereka.

4. Menghindari Asap Roko 

Umumnya masyarakat Indonesia sering merokok di sembarang tempat. Dengan dalih kebebasan, mereka tidak peduli orang-orang di sekitarnya.

Padahal belum tentu orang di sekitarnya para perkokok juga. Akhirnya karena ikut menghisap asapnya, jadilah mereka perokok pasif yang justru lebih berbahaya daripada perokok aktif.

Bagi wanita, asap rokok sangat mengganggu kesehatan. Asap rokok dapat menyebabkan gangguan paru-paru, jantung bahkan janin.

Oleh sebab itu, jauhilah mereka para perokok. Ini bukan soal perasaan enak atau tidak enak, ini adalah cara anda menghargai kesehatan tubuh anda. Singkatnya, ini soal cinta anda pada kesehatan anda.

5. Tidur Malam Lebih Awal 

Pernahkah anda begadang lalu ketika bangun tidurnya terasa lelah banget. Nampaknya pernah kan? Nah perlu diketahui, aktifitas bergadang akan menguras tenaga secara ekstra. Terlebih organ tubuh yang berada di dalam tidak bisa istirahat.

Oleh karenannya, sebaiknya anda hindari bergadang. Tidurlah lebih awal dan bangunlah lebih awal. Ini yang leaik untuk kesehatanmu.

6. Rutin Periksa Kesehatan ke Dokter 

Menjaga lebih baik daripada mengobati. Begitulah kira-kira pepatah nasihat yang berharga untuk kita semua. Terutama bagi wanita, sering-seringlah melakukan chek-up kesehatan ke dokter.

BACA   Suntik Vitamin C dan Kolagen, Benarkah Bikin Cantik?

Dengan begitu, anda akan mengetahui kondisi kesehatan tubuh anda. Minta saran ke dokter apa yang mesti dan tidak mesti dilakukan.

7. Hindari Sinar Matahari 

Menghindari sinar matahari bukan berarti anda tak pernah terkena sinar matahari, justru malah nggak baik nantinya.

Maksudnya wanita jangan terlalu sering melakukan aktifitas di luar rumah yang menyebabkan terkena sinar matahari secara langsung. Khawatir nanti menyebabkan kanker kulit.

Sebagaimana kita tahu, kulit wanita lebih halus dan tipis ketimbang kulit lelaki.

Itulah ketujuh tips menjaga kesehatan wanita ala SehatSetia.Com | indah rasanya jika anugerah tuhan yang diberikan pada wanita dibarengi dengan kondisi tubuh yang sehat.

So, pikirkan selalu akibat yang akan didapat atas setiap aktifitas yang dilakukan. Semoga sehat setia dan sehat selalu ya. Hehe

Read More : Seputar Suntik Vitamin C & Kolagen

Leave a Reply