Waktu Terbaik untuk Ngemil Sehat Agar Badan Tidak Gemuk

Ngemil Sehat – Ngemil adalah aktifitas yang digemari oleh hampir setiap orang. Bagaimana tidak, posisi wenak dengan suasana santai tentu terasa nikmat jika ditemani cemilan.

Sayangnya, ngemil suka bikin badan gemuk. Padahal badan gemuk kurang disukai sebagian orang. Untuk mengatasinya, kami akan sharing tentang waktu ngemil terbaik agar tidak bikin gemuk.

Ingat, betapa banyak orang yang melakukan diet dengan berbagai cara dan biaya yang mahal. Padahal diet bisa dilakukan dengan memperhatikan pola makan sehat.

Selain itu, diet semacam ini juga akan lebih efektif dan minim efek samping. Oya perlu kita tahu bahwa ngemil bisa menyediakan energy surplus agar tubuh kita tetap dapat beraktifitas.

Hanya saja penerapan waktu ngemil yang tidak tepat mengakibatkan sebaliknya. Malah bikin badan gemuk.

Sebuah studi di Harvard Univversity mengatakan bahwa ngemil tidak cocok dengan ritme sirkadian alias jam biologis tubuh bisa menyebabkan melonjaknya kadar gula sampe 18 %. Selain itu insulin pun harus bekerja lebih keras.

Kapan Waktu Negemil Terbaik Agar Tak Bikin Gemuk

waktu ngemil terbaik agar tak bikin gemuk

1. Setelah Beraktifitas yang Durasinya Lebih dari Satu Jam 

Waktu pertama yang tepat buat ngemil adalah setelah aktifitas yang durasinya lebih dari satu jam.

Semisal olah raga yang memang membuat otot bekerja lebih keras sehingga menghasilkan energy lebih banyak, maka di waktu ini merupakan waktu yang tepat untuk ngemil. S

BACA   Cara Mengatasi Rambut Ketombe Akibat Kulit Kepala Berminyak

elain itu, setelah aktifitas lebih dari satu jam juga tentu membutuhkan aneka kalori untuk otot.

2. Dua – Empat Jam Setelah Makan 

waktu ngemil terbaik dan pola makan sehat

Waktu terbaik untuk ngemil via pola makan sehat berikutnya adalah setelah makan. Hanya saja, anda jangan langsung ngemil setelah makan. Tunggu 2 – 4 jam terlebih dahulu.

Sebab selama durasi ini tubuh masih mencerna makanan sebelumnya. Setelah melewati batas ini, anda baru boleh menikmati cemilan.

Jika setelah 4 jam dari makan, anda tidak ngemil nanti metabolism akan menurun dan gula darah jadi rendah. perut anda terasa sakit alias kelaparan. Hehe.

Akibatnya nafsu makan akan bertambah sehingga porsi makan anda pun lebih banyak. Akhirnya proses diet pun masih jauh panggang dari api. Itu berarti anda rugi dua kali, tidak ngemil tetapi badan membengkak.

BACA : Manfaat Jamur Kuping untuk Kesehatan

3. Setelah sarapan dan sebelum masuk waktu makan siang 

waktu ngemil terbaik dan pola makan sehat

Berikutnya di antara sarapan dan makan siang. Nah waktu ini atau sekitar jam set 10an, biasanya perut terasa lapar. Terlebih jika sarapannya hanya sekedar susu dan roti, atau the dan gorengan, dijamin jam segini pasti lapar.

Karena itu, pada jam kritis ini anda sangat baik untuk ngemil. Di samping nikmat dan lezat, ngemil di waktu ini juga tidak membuat badan gemuk.

4. Sebelum tidur atau beberapa jam setelah makan malam 

waktu ngemil terbaik agar tak bikin gemuk

Jangan salah, ngemil sebelum tidur juga termasuk waktu yang baik, artinya beberapa jam setelah makan malam anda boleh ngemil. Asalkan ngemilnya benar-benar makanan ringan dan menyehatkan.

Memang selama ini ada anggapan bahwa ngemil sebelum tidur bakal bikin badan cepet gembrot. Tidak selalu begitu ko. Asalkan proporsional, ngemil di waktu ini jg baik.

BACA   Cara Mengatasi Susah Tidur Ketika Puasa [Ampuh]

Demikian info ringkas tentang pola makan sehat terkait waktuu-waktu terbaik untuk ngemil agar tidak membuat berat badan bertambah.

Semoga bisa anda praktekkan dan hasilnya sukses. Artinya hobi ngemil tidak terhalangi sementara potensi badan bertambah tidak terlalu signifikan. Dengan demikain, anda tidak khawatir saat ngemil.

Baca Artikel Populer :

√ Cara Menurunkan Berat Badan Sambil Tidur

Leave a Reply